NILAI ABSOLUT

X. SEL SEMI ABSOLUT
SEL SEMI ABSOLUT DITANDAI DENGAN $ PADA SALAH SATU POSISI
BAIK KOLOM ATAupun BARIS

APABILA SIMBOL $ BERADA PADA POSISI BARIS MAKA
DISEBUT ABSOLUT BARIS
MISALNYA B$1

APABILA SIMBOL $ BERADA PADA
POSISI KOLOM MAKA DISEBUT ABSOLUT KOLOM
MISALNYA $A1

SEL ABSOLUT
SEL ABSOLUT DITANDAI DENGAN $ PADA BARIS DAN KOLOM
MISALNYA $C$1.

APABILA DICOPY PADA TEMPAT/POSISI ALAMAT SEL YANG LAIN,
MAKA BARIS DAN
KOLOM TERSEBUT TETAP
0 komentar

microsoft excel

9. Ms.EXCEL
=SUM digunakan untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum : =SUM(range sel)
=MAX digunakan untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
=MIN digunakan untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
=Average digunakan untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
=IF(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar
atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
kalau angka langsung ditulis tidak menggunakan kutip contoh = 11
sebalik nya huruf menggunakan kutip contoh = “DN“

tahap selanjutnya agarlebih mudah mengerjakan hlookup dan vlookup harus membuat range tabel terlebih dahulu...
=VLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertical/tegak lurus
Bentuk umum : =VLOOKUP(sel kunci; range tabel; nomor kolom)
Contoh table vlookup
NIM NAMA ALAMAT

=HLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum : =HLOOKUP(sel kunci; range tabel; nomor kolom)
Contoh table hlookup
NIM
NAMA
ALAMAT


=LEFT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri
Bentuk umum : =LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Mengambil karakter huruf dari sebelah kiri ABCD = LEFT(sel kunci;2)
=RIGHT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan
Bentuk umum : =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
=MID(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum : =MID(teks; start_number; number_char)
MENGGABUNG ISI SEL
Apabila Anda mngisi data pada suatu sel, kadangkala perlu menyatukan isi sel tersebut untuk tujuan tertentu. Untuk menyatukan dihubungkan dengan tanda & apabila ingin ada pemisah antara kata itu maka dihubungkan dengan tanda &” ”&.
Contoh : =if(right(...,...)=”..........”,if(right(....,...)=”............”))&vlookup(....,....,....)
Atau
=if(right(...,...)=”.........”,if(right(.....,....)=”............”))&” “&vlookup(...., ....., ...)
0 komentar

microsoft power point

POWER POINT
Microsoft Power Point adalah suatu program aplikasi yang berfungsi
untuk membuat presentasi dalam bentuk slide-slide.

Dalam power point
terdapat berbagai menu toolbar yang dapat diubah sesuai keinginan.. dan dapat
download background untuk menampilkan power point agar lebih menarik dan dipadu
warna yang sesuai.
Cara membuat power point
1. Start, ms.power point
2. New file untuk menambah slide-slide baru
3. Membuat background klik
kanan pada mouse pilih format background
4. Movies and Sounds untuk
mengeluarkan film dan suara pada slide
5. Object untuk menyisipkan objek
dari program
6. untuk menampilkan SLIDES SHOW
7. View Show untuk
menampilkan tampilan
8. Custom Animation memberikan efek animasi
9.
Animation Preview untuk menampilkan animasi pada layar
10. Slide Transition
untuk memberikan efek-efek tertentu saat terjadi perpindahan dari slide satu ke
slide yang lain.
11. Slide dapat di hapus dengan cara klik kanan pada mouse
pilih delete slide
Dalam membuat power point dibutuhkan kreatifitas yang
tinggi agar desain slide tampak lebih berkualitas dan baik sesuai isi
presentasinya..
0 komentar